Semua sistem pengaturan memerlukan zat gizi sebagai bahan dasar

Kerusakan jaringan pada luka bakar dapat besar sekali, sehingga penyediaan panjan olgi penderita luka bakar menjadi sangat penting bagi penyembuhannya. Luka bakar yang terbuka biasanya mengeluarkan sekresi yang banyak mengandung mineral dan zat gizi lainnya, sehingga terjadi rinitanian zat-zat gizi yang menambah berat fungsi penggantian jaringan. Pengaturan metabolisma dilakukan melalui ueoerapa mekanisma. Mekanisma yang langsung mempengaruhi dan mengatur sintesa berbagai ikatan organik didalam tubuh, pengaturannya melalui sistem enzim. Pada gilirannya enzim-enzim ini diatur oleh sistem hormon dan sebagian oleh sistem syaraf.

Zat gizi, terutama protein dan mineral mengatur juga keseimbangan air dan mineral di dalam cairan tubuh. Aliran cairan tubuh antara pembuluh darah rambut dan jaringan diatur oleh selisih tekanan osmotik dan tekanan hidrostatik, dan tekanan osmotik terutama diatur oleh zat-zat organik, dan protein darah merupakan zat gizi terpenting dalam mengatur aliran cairan tubuh ini. pada defisiensi protein, pengaturan aliran cairan tubuh menderita hambatan sehingga terjadistagnas-i cairan tubuh di dalam jaringan yang disebut oedema. Sistem pertahanan tubuh juga sangat dipengaruhi oleh kondisi zat gizi. Mekanisma pertahanan tubuh terdiri atas sislem selular dan sistem humoral.

Sistem selular dilaksanakan oleh sel-sel seperti leucocytes, sel-sel reticulo endothelial system (RES), sedangkan sistem pertahanan humoral dilakukan di antaranya melalui badan-badan anii (antibodies). Badan-badan anti ini pada umumnya berbentuk protein. Dalam kondisi kekurangan gizi, biasanya fungsi pertahanan tubuh inipaling akhir menderita kemunduran. Ada penggolongan lain dari bahan makanan, berdasarkan fungsidari zat gizinya:

a. zatgizi penghasil enersi, yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Zat gizi penghasil enersi ini sebagian besar dihasirlkan oreh bahan makanan pokok.

b. zal gizi pembangun sel, terutama diduduki oreh protein, sehingga bahan pangan lauk-pauk tergorong dahm bahan makanan sumber zat pembangun.

c. zat gizi pengatur; ke dalam kelompok ini termasuk vitamin dan mineral. Maka bahan pangan sumber mineral dan vitamin, ialah sayur dan buah termasuk golongan bahan makanan sumber zat-zat gizi pengatur.

Kedua cara penggolongan bahan makanan di atas itu dipergunakan di lndonesia dalam upaya penyuluhan dan pendidikan gizi kepada masyarakat, terutama berkenaan dengan penyusunan hidangan yang adekwat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *