Rokok mempengaruhi sistem kardiovaskular pada perokok pasif dan perokok dengan cara yang sama

Pesan jelas yang diucapkan oleh Glantz dan Parmley adalah “Non perokok yang tetpapar pada asap rokok di kehidupan sehari-hari menunjukkan peningkatan risiko pada serangan jantung fatal maupun non fatal. Seluruh bab buku Drs. Orleans dan Slade tentang kecanduan nikotin, dicurahkan untuk “polusi asap tembakau.” Di sana mereka mencantumkan jumlah kematian yang disebabkan asap rokok tetangga tiap tahun di negara kita.

Perkiraan mereka didata dalam Gambar 27. Sekitar 50.000 kematian merokok pasif dari penyakit jantung dan kanker merupakan angka yang berarti. Tragedi merokok pasifadalah bahwa itu menyakiti orang-oran1 yar.g tidak bersalah, mereka yang memilih untuk tidak merokok. Jeritan tangis terhadap pelanggaran hak non perokok ini sangat menjadi tanggung jawab perundang-undangan untuk larangan merokok di daerah publik.

Apakah Para Perokok Menyebabkan Kanker Pada Teman-teman dan Kekasih Hati?

Jurnal of Nationai Cancer Institute melaporkan sebuah penelitian terhadap 210 wanita yang mengalami kanker paru-paru tetapi tidak pernah merokok. Hasilnya dituniukkan dalam Gambar 28.t34 Risiko mengalami kanker paru-paru lebih dari dua kali lipat bagi wanita non perokok yang tinggal dengan seorang perokok atau lebih. Ini hanya satu dari banyak penelitian yang menunjukkan hasil yang sama: “merokok pasif’ berbahaya bagi kesehatan Anda. Tentu saja, tidak sebahaya “merokok aktif;” yaitu, mengisap asap rokok Anda sendiri dan bukan asap rokok orang lain.

Ingat, perokok aktif bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru mereka sendiri 10 sampai 20 kali atau lebih, dibandingkan risiko kelipatan dua atau tiga yang terlihat dengan perokok pasif. Perlu diperhatikan pula bahwa kanker yang berhubungan dengan rokok lain- ‘ rya ju,ga bisa bertambah dari asap yang ada di sekitar Anda. Sebagai contoh, laporan yang di publikasikan mengaitkan kanker serviks (mulut rahim) bukan hanya dengan merokok aktil tetapi juga dengan menghirup asap rokok orang lain. Pesan lain dari penelitian medis tentang mengisap asap orang lain adalah bahwa hal itu sangat merusak pada yang paling tak berdaya: anak kecil dan yang belum lahir. Baca informasi lengkap mengenai diabetes dan terapi penyembuhan diabetes paling ampuh hanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *