Peran Serta Lemak Hewani pada Kadar Kolesterol

Tentu saja kita bisa menurunkan lebih jauh hanya dengan meniadakan lebih banyak produk hewani. Jikalau kita benar-benar ingin menghilangkan semua kolesterol dalam diet kita, pada dasarnya semuaproduk hewani harus disingkirkan. Sejauh ini kita telah melihat bahwa kolesterol darah yang meningkat sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung yang mematikan. Kita juga telah melihat bahwa kolesterol dalam diet akan menaikkan kadar kolesterol darah. Walaupun demikian, terdapat sejumlah faktor lain, yang membantu kenaikan kadar holesterol. Beberapadari faktor ini dijelaskan oleh salah satu pionir kolesterol ternama, Dr. Ancel Keys. Ditahun 1960-an, Dr. Keys menunjukkan kemampuannya meramal dengan keakuratan yang mengagumkan kadar kolesterol darah rata-rata darikelompok populasi.

Yang dia gunakan hanyalah pengetahuan akan kebiasaan makan mereka untuk membuat ramalannya yang mengejutkan. Sayangnya, ada berbagai keragaman genetik dari seorang kepada yang lain untuk melakukannya secara individu. Namun, ketika melihat sekelompok besar orang, kecenderungan rata-rata genetic kemungkinan sama dari satu populasi pada populasi berikutnya.

Jadi, Keys bisa membuat ramalan kolesterolnya berdasar kebiasaan pilihan makan saja-tanpa ada kaitannya dengan genetik.Ia menemukan rumusan matematik yang cocok dengan data itu. Persamaan ini seringkali disebut sebagai “Persamaan Keys” dan diilustrasikan dalam Gambar 17. Mereka yang berlatar belakang matematika akan menemukan titik terang dalam persamaan.¬†Baca juga informasi paling akurat mengenai¬†obat herbal untuk penyakit gula kering paling ampuh hanya di sini

Tanpa melalui kaikulasi, Dr. Keys membuktikan dengan persamaan ini bahwa, terlepas dari genetik, kadar kolesterol darah kita ditentukan olehdiet kita, dan pada pokoknya hanya tiga variable dalam diet: lemak jenuh (S), lemak tak jenuh (P),dan kolesterol (C). Banyak orang tidak memahami perbedaan antara kedua lemak. Bayangkan saja Anda sedang duduk di depan dua tanki ikan kaca berukuran 10 galon. Masing-masing tanki diisi dengan lemak.

Satu diisi dengan lemak jenuh seluruhnya, dan yang lain diisi dengan lemak tak jenuh. Akan mudah memberitahukan perbedaan di antara keduanya. Lemak jenuh akan tampak padat pada suhu ruangan dan lemak tak jenuh akan cair. Secara umum, semakin padatlemak, semakin jenuh ia. Sebagian besar lemak dari produk hewani merupakan lemak jenuh,. sementara sebagian besar produk nabati tinggi lemak tak jenuh. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *