Pancreatic Islet (Insular) Glycosurias

  1. Acute Pancreatitis (transient hyperglycaemia). Acute necrotizing pancreatitis bisa menjadi sebab dari Diabetes Mellitus.
  2. Diabetes Mellitus
  3. Starvation glycosuria.

Extra-Pancreatic ( Extra-Insular) Glycosurias

Sebab daripada ini adalah bertambahnya glukoneogenesa sebagai konsekwensi daripada stimuli hormonal karena kerusakan sistim syaraf, pada dasamya hanya pembuatan glukosa bertambah. Sebaliknya pada Diabet. Mellitus juga penyimpanan (storage) dan pem akaian (utilization ) dari glukosa berkurang.

Teladan-teladan adalah :

  1. Cerebral Glycosuria
  2. Post-traumatic glycosuria
  3. Toxic Glycosuria
  4. Acromegaly, Hyperadrenocortisism, Hyperthyroidism
  5. EmotionalGlycosuria?

Storage-Lag Glycosurias

Disebabkan oleh terlalu cepatnya pengosongan isi perut dan cepatnya absorpsi dari zat-zat hidrat karbon.

  1. Postgastrectomy atau postgastro-enterostomy
  2. Accelerated Gastric Evacuation (“Pseudo-Diabetes”).

* Mellituria lain daripada Glukosuria

  1. Pentosuria
  2. Fructosuria (Levulosuria)
  3. Galactosuria
  4. Lactosuria pada wanita mulai ± 6 mg ante-partum dan selama laktasi.
  5. Sucrosuria.
  6. Mannoheptulosuria.

DIAGNOSTIK

  1. Sakar darah puasa (fasting bloodsugar)

Sakar gula normal antara 60 – 100 mgr%.

Sakar gula antara 100 – 720 mgr% suggestif untuk Diabetes Mellitus.  

Pemeriksaan hanya sakar darah puasa dan urin pada waktu pagi sebetulnya sudah obsoleet sebagai “screeningtest” oleh karena hasil yang negatif tidak mengecualikan adanya D.M. hanya hasil yang positif berharga untuk diagnostik. (lihat klasifikasi D.M.).

* Sakar darah 2 jam posfprandial

Sakar daratr antara 1L0 dan 140 mgtTo suspek untuk Diabetes. Sakar darah lebih dari 140 mgrVo diagnostis untuk Diabetes. “Screeningtest” yang terbaik adalatr menentukan “fasting bloodsugar” dan sakar danh 2 jam postprandial beserta pemeriksaarr urin postprandial atas reduksi.

* Oral Glucose Tolerance Test

Tekhnis dipakai 50 gr glukosa (di negara-negara Barat 100 gr). Sakar darah diperiksa waktu puasa dan setelah makan glukosa sakar darah diperiksa setiap ½ jam, paling kurang sampai 2 jam sesudah makan glukosa. Kita rnenganggap bahwa jika sakar daratr pada suatu waktu melebihi 160-170 mgr% maka ini diagnostis untuk D.M. Grafik dari G.T.T. yang normal adalah sebagai berikut:

Sakar darah 2 jam setelatr minum glukosa masih boleh melebihi sedikit kadar waktu puasa. Setelah 3 jam kadar gula harus sms, dengan “fasting bloodsugar”. Untuk mengatasi diabetes secara menyeluruh dan mencegahnya kembali lagi ribuan pakar kesehatan dunia telah merekomendasikan obat diabetes paling efektif dan ampuh tanpa efek samping negatif sedikitpun, segera baca infonya hanya di link inihttp://obatdiabetesherbal.co/menyembuhkan-diabetes/bagaimana-cara-mengobati-diabetes-secara-efektif-dan-tepat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *