Olahraga Penderita Herpes Zoster

Bolehkah Berolahraga Saat Menderita Herpes Zoster? Herpes zoster paling sering dialami pada orang di atas usia 50. Virus yang menyakitkan ini dapat menyebabkan menggigil, sakit kepala, kelelahan dan sensasi kesemutan pada kulit. Meskipun berolahraga dapat membantu untuk menghilangkan stres yang mungkin terjadi akibat herpes zoster, pikirkanlah beberapa pertimbangan sebelum melanjutkan program olahraga Anda saat Anda menderita herpes zoster.

penderita herpes zoster

Pentingnya olahraga bagi penderita herpes zoster
Jika Anda pernah mengalami varicella-zoster virus-lebih dikenal sebagai cacar-saat masih anak-anak, virus akan tertidur di dalam tubuh Anda. Ketika stres, sakit atau pemicu lain yang tidak diketahui dapat merangsang virus ini, untuk kembali menjangkiti anda sebagai herpes zoster.

Gejala herpes zoster dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi biasanya adalah rasa sakit yang terkait dengan kulit, seperti adanya cairan lepuh, gatal atau kesemutan dan mati rasa. Jika Anda mengalami herpes zoster, obat untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi terik kulit, adalah teknik relaksasi, seperti olahraga ringan, dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan tetap baik.

Olahraga yang bermanfaat bagi penderita herpes zoster
Rasa sakit dan kulit melepu akibat herpes zoster dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah. Hal ini dapat membuat olajraga menjadi sulit. Namun, olahraga untuk menghilangkan stres dapat bermanfaat bila Anda mengalami herpes zoster. Pilih latihan seperti tai chi, yang melibatkan gerakan lambat dan terkontrol, untuk meringankan stres dan membakar kalori. Olahraga yang baik lainnya adalah berenang, naik sepeda, yoga atau berjalan.

Pertimbangan Bagi Penderita Herpes Zoster
Saat berolahraga, yang terbaik adalah memakai pakaian longgar yang tidak bergesekan dengan kulit yang teriritasi akibat herpes zoster terkait. Menerapkan bubuk oatmeal koloid sebelum berolahraga dapat membantu untuk mengurangi gesekan antara kulit dan pakaian. Anda juga dapat menggunakan pereda nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen, untuk mengurangi rasa sakit herpes zoster terkait sebelum berolahraga.

Pendapat Para Ahli
Kedua pencegahan dan pengobatan herpes zoster dapat dibantu melalui gaya hidup sehat. Diet sehat, olahraga teratur dan tingkat stres yang rendah tidak hanya dapat mencegah herpes zoster, mereka juga dapat mengurangi gejala jika herpes zoster terjadi lagi. Hal ini terutama bermanfaat untuk mereka yang berusia 50 atau lebih.

PERINGATAN

Sebelum melakukan tindakan-tindakan pengobatan herpes, Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu efek samping penyakit herpes apabila tidak segera diobati. Baca selengkapnya…

Apabila herpes zoster tidak menular ke orang-orang yang sudah pernah mengalami cacar, namun Anda bisa menularkan kepada mereka yang belum. Membicarakan tentang berolahraga, ini berarti mungkin yang terbaik adalah untuk menghindari melakukan olah raga di tempat umum, seperti gym, bila Anda sedang mengalami herpes zoster. Karena hal ini dapat mengurangi kemungkinan infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *