Merokok Merusak Pembuluh Darah Lain

Kita telah memperhatikan efek mendalam rokok pada jantung dan otak. Kita kini periu memeriksa efeknya pada pembuluh darah lain termasuk yang ada dalam perut, tangan, dan kaki. Rokok merupakan penyebab utama penumpukan lemak aterosklerosis dalam pembuluh darah di seluruh tubuh. “Penyakit vaskular perifer aterosklerosis” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu proses penyempitan arteri dari yang kebanyakan mempengaruhi arteri di kaki. Dibandingkan dengan non perokok, bahkan seorang perokok yang menghabiskan kurang dari sebungkus sehari mempunyai 11,5 kali risiko mengalami kondisi ini.

Perokok yang lebih berat yang menghabiskan lebih dari satu bungkus sehari menambah risiko mereka 15,5 kali.11′ Aneurisma aorta merupakan satu konsekwensi khusus yang membahayakan dari proses penumpukan lemak di arteri ini. Aorta ada- 1ah pembuluh darah besar di pusat tubuh yang membawa darah dari jantung ke kaki.

Bila pembuluh utama rusak berat oleh aterosklerosis, ia bisa dilemahkan dan kehilangan kemampuannya untuk menerima tekanan tinggi yang dihasilkan jantung. Dalam situasi ini, aorta cenderung menggelembung keluar seperti titik lemah pada ban. Penggelembungan itu disebut aneurisma.

Di bawah tekanan tinggi yang terusmenerus yang dihasilkan dari pompaan jantung yang normal, aneurisma aorta akan terus bertambah ukurannya sampdi akhirnya pecah. Jika itu terjadi, umumnya terjadi kematian mendadak. Riset medis menegaskan bahwa mengisap rokok merupakan penyebab utama dari penyakit fatal ini, seperti didokumentasikan dalam Gambar 23.t20′ tzt Terdapat hubungan respons dosis antara jumlah rokok yang diisap dan risiko kematian karena aneurisma aortik. Ini ditunjukkan dalam Gambar 24. Baca juga informasi mengenaiĀ obat diabetes aman buat ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *