Mencapai Kadar Kolesterol Ideal

Ini ditekankan dengan kenyataan bahwa rata-rata korban serangan jantung mempunyai rasio total kolesterol banding HDL yang sangat dekat dengan ruta-tata populasi keseluruhan. Pria khas yang mendapat serangan jantung mempunyai rasio lebih besar dari 5,5 dan korban penyakit jantung koroner wanita mempunyairasio lebih besar dari 4,5 , dengan katalain jika Anda seorang wanita dan rasio total kolesterol dan HDL Anda lebih besar dari 4,6 ,atau jika Anda seorang pria dengan rasio di atas 5,5 , Anda tepat di tempat rataiata korban serangan jantung berada. Pesannya adalah sebelum serangan jantung terjadi, lakukan program Saya hidup yang lebih baik. Cobalah mencapai rasiototal kolesterol/HDL ke dalam rentang ideal-3,4 atau kurang.

Bagaimana kita bisa memperbaiki kadar kolesterolkita? Secara spesifik, bagaimana kita bisa mengurangi kolesterol total dan LDL dan pada saat yang sama menaikkan HDL? Jawaban dari pertanyaan ini sungguh penting. Akan tetapi, agar bisa sepenuhnya menghargai jawabannya, kita harus memastikan bahwa kita memahami dari mana kolesterol berasal. Yang terutama penting agar kita mengetahui bahwa hati kita (liver) memproduksi kolesterol lebih dari cukup untuk semua fungsi tubuh.

Untuk ini, kita tidak perlu makan kolesterol apapun. Dengan kata lain, kolesterol sama sekali tidak diperlukan dalam makanan manusia. Sungguhpun demikian, tata4ata orang Amerikamakan sekitar 300 mg kolesterol setiap hari.3s Darimana semua kolesterol ini datangnya? Gambar13 memberikan jawaban dalam ungkapan yang sederhana. Perhatikan bahwa semua kolesterol yang kitamakan berasal dari produk hewani.

Perlu kita pahami bahwa buah-buahan, sayrrran, gandum,dan bahkan kacang-kacangan tidak mengandung kolesterol. Jika makanan secara ekslusif berasaldari produk nabati, maka tidak terdapat kolesterol di dalamnya. Sementara itu, lika produkmakanan berasal dari hewan, hampir selalu ada kolesterolnya di dalamnya. (Sedikit pengecualianpada produk hewani di mana bagian yang mengandung kolesterolnya telah dihilangkan.

Putihtelur menjadi contoh utamanya).Informasi lebih lanjut mengenai sumber makanan kolesterol ditabulasikan dalam Gambar 14. Sebaiknya semua orang memberi perhatian pada contoh dalam gambar ini. Meskipun kebanyakan orang mungkin menyadari bahwa daging organ seperti hati dan ginjal berada di antara sumber yang sarat dengan kolesterol sepertiyang ditunjukkan dalam gambar, banyak yangmasih belum memahami prevalensi dasar kolesterol dalam makanan hewani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *