Kekurangan Air Bisa Mencapai Taraf Krisis Dalam Waktu Yang Relatif Singkat

Larangan terhadap pencucian mobil dan menyiram halaman mungkin lebih tampak sebagai gangguan daripada krisis. Di Amerika, beberapa ahli percaya bahwa pilihan makan sekarang ini-dan oleh sebab itu praktik agrikultur yang diperlukan-sedang membawa kita pada tepi jurang kekurangan air yang serius. Apa gerangan yang bisa membahayakan suplai air yang tampaknya tak terbatas di A.S. ini? Sejumlah besar air diperlukan untuk menghasilkan produk daging dibandingkan dengan menghasilkan padi, seperti diilustrasikan dalam Gambar 13. Jumlah air ying digunakan untuk menghasilkan sejumlah tertentu produk daging bisa menumbuhkan sepuluh kali banyaknya jagung, dan enam kali banyaknya gandum.

krisis air broBarangkali gambaran ini lebih bermakna bila Anda memperhitungkan bahwa rata-rata penduduk Amerika memerlukan sekitar 100 galon air tiap hari untuk menghasilkan produk hewani yang ia makan dalam bentuk daging, susu, dan telur. Ini adalah jumlah yang sama dengan penggunaan air orang itu sehari-hari untuk segala keperluan rumah.3o The American Cattleman’s Association telah mengutip statistik U.S. Department of Commerce and U. S. Geological Survey yang lebih baik mengindikasikan kebutuhan air yang banyak pada ternak. Data mereka dalam bentuk persentasi total pemakaian air kita pada pertanian. Datanya ditunjukkan dalam Gambar 14.

Dengan statistik ini, kita bisa mengkalkulasi bahwa 14 persen dari semua air yang digunakan di A.S. ditujukan pada pemeliharaan ternak. Cara lain melihat besarnya jumlah air yang digunakan pada pemeliharaan ternak adalah dengan melihat pada beberapa statistik yang dikutip oleh industri daging sapi sendiri. Ini ditampilkan dalam Gambar 15.32 Dengan kata lain, bila semua ternak daging sapi A.S. dipelihara di pertanian yang sangat luas, ini akan memerlukan 7 juta pengapalan memuat satu juta gaion air masing-masing untuk menyediakan kebutuhan mereka hanya untuk satu tahun. Di banyak tempat di dunia, ketersediaan air merupakan masalah hidup atau mati. Bahkan di sini di Amerika, permintaan kita terhadap makanan dengan keperluan air yang tinggi mempunyai konsekuensi ekonomi dan ekologi yang serius. Riwayatnya, kerugian ekonomi sangat tersembunyi karena adanya subsidi pemerintah wilayah dan federal terhadap konsumsi air industri daging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *