Flavonoid Anggur Melawan Penyakit jantung

Sari buah anggur mengandung flav o no id (terutama quercetin) yang:

. menghambat oksidasi kolesterol LDL

. merupakan antioksidan kuat dari vitamin E

* mengurangi penggumpalan platelet

* berkaitan dengan penurunan insiden dan mortalitas dari penyakit jantung koroner

Makanan Yang Mengandung Flavonoid

Buah-buahan

Anggur, Apel, ceri, Stroberi, Bluberi, grapefruit

Sayuran

Kale ( daun-daunan hijau ), Akar-akaran dan umbi,Bawang,Teh

Padi-Padian

Cereal /Grain

Resveratrol Anggur Melawan Penyakit Jantung.

4Sari buah anggur putih mengandung resveratrol yang:

*menurunkan kadar kolesterol total

*meningkatkan kadar kolesterol HDL

* menghambat oksidasi kolesterol LDL

Kita lihat bahwa anggur mempunyai jum- lah berarti dari 15 zat gizi sementara hanya mempunyai 50/o lemak, jumlah sodium yang sangat rendah, dan tidak ada kolesterol. Perhatikan jumlah besar dari vitamin B, C, dan E, juga besi dan tembaga. Juga tinggi potasium, yang bersama diet sodium rendah membantu menurunkan tekanan darah, dan sangat tinggi selenium, elemen kandungan yang tampaknya mempunyai peran perlindungan kanker.

Kembali pada Paradoks

Semua deretan bukti ini membawa kitakembali pada topik utama yang sedang dibahas,yakni, Paradoks Perancis. Bukti terbaik menunjukkan bahwa angka penyakit jantung yang lebih rendah di Perancis lebih dari sekadar alkohol. Bertentangan dengan banyak kesan yangdilaporkan berita awam, alkohol dalam anggur bukanlah unsur pokok yang memberikan manfaat. Seperti telah kita lihat, banyak dari manfaat yang diberikan dari minum anggur harus ditujukan pada unsur pokok utama dari minuman itu-buah anggur.

Minuman beralkohol tampaknya tidakmempunyai kecenderungan menaikkan kadarkolesterol HDL pelindung jantung pada orang yang menjalani gaya hidup yang buruk. Namundemikian, University Diet and Nutrition Letter baru-baru ini memberikan pandangan:”Sementara alkohol menambah kadar kolestero1HDL, olahraga dan menurunkan berat badanberlebih bahkan menambah lebih banyaklagt.

Yang sesungguhnya adalah bahwa tidakseorung pun pernah membuktikan bahwa seseorang dengan gaya hidup sempurna mendapat manfaat sedemikian rupa dengan meminum alkohol dalam jumlah terbatas. PertimbangkanHDL, khususnya, seperti telah kita iihat, minuman beralkohol bukan satu-satunya faktor makanan yang memberi janji meningkatkan kolesterol HDL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *