Cara Membuat Dinding Bata Tahan Lama

Ada banyak bahan bangunan yang bisa dipakai untuk mendirikan rumah. Beberapa bahan bangunan mungkin lebih mahal daripada bahan yang lain, tetapi segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah pada akhirnya kembali pada selera pemilik rumah. Terkadang beberapa pemilik rumah menkombinasikan finishing kayu pada interior dan eksterior, sementara ada juga beberapa pemilik rumah lainnya memakai beton. Tapi ada satu bahan yang sudah sangat populer dipakai untuk finishing dinding, yaitu batu bata.

Cara Membuat Dinding Bata Tahan Lama
Batu bata mempunyai warna dan karakter serta tekstur tersendiri yang tidak sama dengan material bangunan lainnya. Tidak seperti dinding yang menggunakan finishing semen dan kayu yang dapat dicat (finishing) dengan beraneka warna warna, batu bata expose tidak harus diberi warna cat karena yang akan anda peroleh merupakan warna bata itu sendiri.

Tapi salah satu masalah utama yang umum menjadi kekhawatiran dari dinding bata yaitu ketahanannya terhadap air. Bata memang diketahui tahan terhadap air, tetapi batu bata tidak dapat mencegah perkembangan jamur. Mirip dengan beton, batu bata juga bisa menyerap kelembaban uap air. Namun jika banyak air yang mengendap pada bata, maka selanjutnya tumbuh noda/flek pada permukaan bata. Oleh sebab itu, pelapis anti bocor (waterproofing) untuk dinding bata cukup berperan penting dalam menjaga keindahan rumah Anda, dan juga menjaganya tetap dalam kondisi baik.

Tapi bagaimana caranya membuat dinding bata tahan air? Beberapa orang cenderung untuk membuat kesalahan besar dalam penerapan waterproofing. Salah satunya adalah penggunaan waterproofing yang bukan untuk dinding batu bata. Lalu kalaupun menggunakan waterproofing untuk dinding harus ada teknik tertentu dalam pengaplikasiannya.

Lantas bagaimanakah Cara Membuat Dinding Bata Tahan Lama ? Berikut tips Bagaimana Membuat Dinding Bata Tahan Lama :
• Jika Anda menggunakan dinding bata expose dari dinding yang ada sebelumnya, maka ada baiknya untuk memilih dinding dengan bata yang benar benar kering dan bagus.
• Pastikan bata dalam keadaan kering dan bersih.
• Pastikan plasteran dinding di balik bata expose dalam kondisi baik dan tidak terdapat keretakan.
• Lapisi permukaan bata expose dengan Greencoat 101 – Stone dan Masonry Sealer untuk mencegah kerusakan permukaan bata disebabkan uap air.
• Jika Anda memiliki rencana membangun dinding bata expose dari awal, pilih bata dengan ketebalan yang sama sehingga menjadi terlihat rapi.
Setelah hal-hal mengenai Cara Membuat Dinding Bata Tahan Lama tersebut di atas diterapkan, kemudian kini Anda sudah dapat menata interior Anda dengan bata expose.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai bagaimana Cara Membuat Dinding Bata Tahan Lama. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita dalam memperhatikan kualitasi bangunan. Selamat berkreasi!

Untuk yang mau beli apartemen murah di Jakarta Barat, silakan cek Apartemen Daan Mogot City, lengkap dengan lokasi, harga, info developer, fasilitas dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *