Bolehkah Wanita Atau Ibu Hamil Minum Madu

Madu dikenal sebagai makanan dan pemanis yang sehat tetapi beberapa wanita bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil makan madu? Kehamilan adalah fase hidup istimewa dalam hidup mereka dan makan makanan yang tepat adalah salah satu cara penting untuk menjaga perempuan dan bayi mereka tetap sehat.

Bolehkah ibu hamil minum madu?

Artikel ini akan membantu memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang makan madu ibu hamil saat hamil dan menghilangkan mitos lama tentang hal itu.

Bolehkah ibu hamil minum madu?
Beberapa wanita takut untuk makan madu selama kehamilan karena mungkin mengandung toksin botulinum dari bakteri hadir dalam produk. Spora bakteri dapat hadir dalam madu tapi racun tidak pergi ke aliran darah karena tubuh Anda menghilangkan bakteri.

Orang dewasa, serta anak-anak yang lebih tua, memiliki sistem pencernaan yang matang yang dapat membunuh spora botulisme. Ibu hamil yang makan madu tidak lulus pada spora ini untuk bayi mereka di dalam rahim. Oleh karena itu, mereka tidak membahayakan Anda atau bayi Anda. Jadi ya, itu aman untuk ibu hamil untuk minum madu.

Untuk amannya, para ahli menyarankan orang untuk makan madu dipasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses yang menghilangkan mikroba berbahaya dari makanan seperti susu dan madu.

Ibu hamil yang mengalami kondisi yang dikenal sebagai diabetes gestasional (kadar gula darah tinggi selama kehamilan) masih dapat memiliki madu selama mereka menghitung kalori dalam total asupan kalori mereka.

Madu dapat meningkatkan tingkat gula darah karena mengandung fruktosa, sehingga Anda harus berhati-hati untuk tidak mengambil terlalu banyak madu dalam diet Anda.

Madu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil
Madu adalah zat yang terdiri dari glukosa, fruktosa, dan jenis-jenis gula. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan luka dan luka bakar ringan lebih cepat, menetralkan asam lambung yang menyebabkan mulas.

Ini sifat antioksidan dan antibakteri hasil dari sejumlah kecil berbagai zat yang dikandungnya, seperti vitamin, mineral, enzim, dan asam amino.

Berapa banyak madu yang bisa anda makan atau minum setiap hari?
Secara umum, tidak baik minum apa pun secara berlebihan, baik pada ibu hamil atau tidak. Madu merupakan pemanis yang sangat baik, tidak seperti jenis lain dari pemanis seperti gula meja, yang mengandung kalori kosong.

Gunakan pemanis bergizi ini untuk menggantikan gula dalam minuman seperti kopi atau teh atau menggunakannya bukan kemacetan untuk menyebarkan pada roti Anda.

Keprihatinan lain mengenai minum madu adalah jika itu akan menyebabkan ibu hamil untuk mendapatkan berat badan. Hanya perlu diingat bahwa berat badan yang terjadi ketika Anda makan kalori lebih dari apa yang Anda butuhkan tidak peduli apa makanan sumber kalori tersebut berasal.

Tubuh Anda menyimpan kelebihan kalori dari berbagai makanan sebagai lemak, yang menyebabkan kenaikan berat badan. Anda dapat menghindari mengkonsumsi kalori kosong dari olahan, gula diproses atau buatan dengan makan pemanis lebih bergizi dalam bentuk madu.

Minumlah hanya tiga per lima sendok makan madu per hari
Jumlah ini madu sudah cukup. Anda dapat memiliki satu atau dua sendok makan madu di pagi hari dengan buah, sereal atau yogurt. Anda juga dapat memiliki sendok lain pada waktu tidur.

Untuk makanan ringan sepanjang hari, memiliki satu atau dua sendok makan madu dengan buah-buahan, produk panggang, atau menggunakan madu dalam memasak. Ingat, madu mengandung sekitar 60 kalori dalam satu sendok makan.

Kalori yang terkandung dalam gula sederhana tidak boleh melebihi sepuluh persen dari total kebutuhan kalori Anda sehari-hari. Dengan demikian, 180-300 kalori per hari dari madu cukup, kecuali kebutuhan energi Anda tinggi, yang memungkinkan konsumsi tambahan.

Konsultasikan Dokter jika memang dibutuhkan
Jika Anda masih tidak yakin tentang makan madu saat hamil, konsultasikan dengan dokter Anda. Hal ini juga dianjurkan untuk bertanya tentang menggunakan madu dengan herbal lain sebagai obat untuk beberapa masalah kesehatan.

Baca juga :
Cara Mengetahui Kesuburan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *