Bahan makanan sering juga disebut bahan pangan

Dalam susunan hidangan lndonesia, berbagai jenis bahan makanan dapat dikelompokkan ke dalam:

1. Bahan makanan pokok,

2. Bahan makanan lauk-pauk,

3. Bahan makanan sayur, dan

4. Bahan makanan buah-buah.

Susunan hidangan yang mengandung keempatjenis kelompok bahan makanan tersebut, masing-masing dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan badan, dikenal oleh para ahli gizi di lndonesia sebagai susunan “empat sehat”. Kalau susunan empat sehat ini ditambah dengan susu dalam jumlah yang mencukupi, menjadi “lima sempurna”. Slogan “empat sehat, lima sempurna” ini menggambarkan susunan hidangan lndonesia yang sanggup memberikan kesehatan gizi yang baik, dan dianjurkan kepada seluruh anggota masyarakat untuk mencapainya.

Susunan lima sempurna terutama ditujukan bagi anggota masyarakat yang disebut kelompok rentan gizi. Yang masuk ke dalam golongan rentan ini ialah bayi dan anak-anak, ibu yang sedang hamil dan yang sedang menyusukan. Mereka inilah yang akan paling dahulu menderita, bila suatu masyarakat kekurangan penyediaan bahan makanan. Golongan rentan berhubungan dengan pertumbuhan pesat. Pembagian kelompok bahan-bahan makanan di atas, berdasarkan bentuk lahiriyahnya, dan bukan berdasarkan fungsinya didalam tubuh.

1. Bahan Makanan Pokok. Bahan makanan pokok dianggap yang terpenting di dalam suatu susunan hidangan di lndonesia, dan biasanya dapat segera terlihat di atas piring, karena merupakan kwantum terbesar di antara bahan makanan yang sedang dikonsumsi. Bahan makanan pokok juga dianggap yang terpenting, karena bila suatu susunan hidangan tidak mengandung bahan makanan pokok, tidak dianggap lengkap, dan sering orang yang mengkonsumsinya mengatakan belum makan, meskipun perutnya telah kenyang olehnya. Bahan makanan pokok merupakan sumber utama kaloriatau enersi. Sering pula bahan makanan pokok itu memberikan iuran penting terhadap konsumsi protein, bila termasuk golongan serealia.

2. Bahan Makanan Lauk-pauk. Golongan bahan makanan ini disebut lauk-pauk, karena memang mencakup bahan pangan lauk (ikan, daging). Pada umumnya kelompok bahan makanan ini merupakan sumber utama protein di dalam hidangan. Kita mengenal protein khewani dan protein nabati. Pembagian ini berdasarkan sumbernya yaitu berasal dari hewani atau daritumbuhan. Jadi lauk-pauk juga dapat tergolong khewan dan juga tergolong tumbuhan. Semua bahan pangan yang berasaldari khewan, termasuk laukpauk, misalnya daging, ikan, telur dan sebagainya. Bahan pangan nabati yang termasuk lauk-pauk ialah jenis kacang-kacangan seperti kacang kedele dan hasilolahnya, yaitu tempe dan tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *