Bahan Makanan Sayur Dan Buah Termasuk Kelompok Bahan Makanan Nabati

Sayur merupakan berbagai bagian tumbuhan, seperti daun, akar, batang dan bunga, bahkan buahnya yang biasanya masih muda. Yang digolongkan Bahan Makanan Buah, biasanya yang sudah matang, atau setidaktidaknya sudah tua. Buah-buah sebagian besar dimakan “mentah”, dan disebut buah cuci mulut. Bahan makanan buah dan sayur, umumnya merupakan penghasil vitamin dan minerar. Ada. beberapa jenis sayur dan ouah yang menghasilkan energi daram jumlah cukup terarti, seperti nangka muda untuk sayurdan sukun.

Pisang merupakan sarah satu ouah yarig oanya[renghasilkan enersi, demikian pula sawo dan advokat (alpukat). Kalau enersi di dalam alpukat berasal dari lemak, maka dalam buah lainnya yang disebut terdahulu, berasal dari karbohidrat. Penggolongan bahan makanan di berbagai negara berbeda-beda, ada yang menggolongkan menjadilima kelompok, bahkan ada yang tujuh. Dasar pengelompokan dilakukan untuk memudahkan penyusunan hidangan dan juga membantu dalam upaya pendidikan gizi.

Zat Makanan

Setelah dikonsumsi didalam alat pencernaan, bahan makanan diurai menjadi berbagai zat makanan atau zat gizi atau nutrient. Zat makanan inilah yang diserap melalui dinding usus dan masuk ke dalam cairan tubuh. Didalam jaringan, zat-zat makanan memenuhifungsinya masing- masing. Fungsi zat-zat makanan secara umum ialah:

1. Sebagai sumber enersi atau tenaga

2. Menyokong pertumbuhan badan

3. Memelihara jaringan tubuh, mengganti yang rusak atau aus terpakai

4. Mengatur metaborisma dan mengatur berbagai keseimbangan, misalnya keseimbangan air, keseimbangan asam-basa dan keseimbangan mineral didalam cairan tubuh

5. Berperan di daram mekanisma pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit, misarnya sebagai antitoksin dan antibodies lainnya.

Kalau tubuh tidak cukup mendapat zat-zat gizi, maka fungsi-fungsi itu akan menderita gangguan dan hambatan, mulai dari fungsi nomor satu, dan menjalar ke arah bawah dalam deretan itu. Pada kondisi kekurangan gizi, fungsisebagai penghasir enersi yang mula-mula dikorbankan. Badan akan berusaha menlesuaikan diri dengan m engurangipemakaian enersi, sebagian secara sadar, dan sebagian lagi secara tidak sadar.

Maka orang dengan sadar akan mengurangi gerakan atau kerja yang tidak perlu, kemudian secara tidak sadar orang itu akan menjadi kurang giat. Orang demikian tampak seperti yang malas, tidak mau bekerja, karena merasa cepat lelah dan tak sanggup mengeluarkan enersi. Klik disini dan dapatkan informasi akurat seputarĀ obat herbal penyakit diabetes yang paling ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *