Bagaimana Rokok Merusak Pembuluh Darah

Kita sudah melihat efek merokok pada platelet dalam darah. Bahan kimia dalam asap rokok mempunyai efek cakupan luas yang menambah risiko penyakit kardiovaskular untuk sejumlah alasan. Beberapa alasan serupa diuraikan dalam Gambar 25.t23′ t24′ t2s Rokok juga mempengaruhi faktor risiko penyakit jantung yang lebih konvensional. Riset mengindikasikan bahwa merokok cenderung menurunkan kadar “kolesterol baik” HDL, serta menaikkan “kolesterol jahat” LDL.I26 Hasil dari satu penelitian yang mendokumentasikan efek merokok pada penurunan HDL ditunjukkan dalam Gambar 26.

Perhatikan bahwa semakin banyak Anda merokok akan semakin buruk kecenderungan HDL Anda. Ini merupakan contoh lain dari apa yang disebut efek respons dosis, yang memberikan tanda petunjuk bahwa terdapat hubungan sejati antara dua hal yang dipertanyakan-dalam hal ini merokok dan kadar penurunan HDL. Rokok juga merupakan oksidan kuat yang diharapkan akan mengoksidasi kolesterol. Kolesterol teroksidasi dibahas penuh dalam Bab 3, “Penyakit Jantung-Menaklukkan Pembunuh Nomor Satu.” Ini terutama sangat merusak pada dinding pembuluh darah dan tampaknya memainkan peran kunci dalam aterosklerosis.

Bahaya Merokok Pasif

Rokok merusak perokok itu sudah cukup buruk. Selain itu, juga meningkatkan risiko kematian serangan jantung pada non perokok sebanyak 20 sampai 30 persen. Drs. Glantz dan Parmley dari Universitas Kalifornia di San Fransisco mengidentifikasi sejumlah alasan bagi peningkatan risiko jantung pada non perokok dalam tinjauan mereka yang luas terhadap subyek. 128 Penelitian lain telah menambahkan pada badan informasi ini. Asap bekas pakai merusak non perokok seperti ditunjukkan dalam daftar berikut ini.

EFEK MEROKOK PASIF

  1. Mengurangi kemampuan darah untuk membawa oksigen ke jantung.
  2. Membahayakan kemampuan otot jantung untuk menggunakan oksigen.

3. Menurunkan kadar HDL sebanyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *