Ada perhatian terpisah mengenai kebiasaan makan suplemen vitamin dan mineral secara rutin

Vitamin E bisa beracun dalam jumlah besar,  menyebabkan masalah lemas dan letih juga mual dan diare. Kelebihan vitamin E juga memicu individu tertentu terhadap masalah perdarahan, terutama mereka yang sedang menerima pengencer darah (antikoagulan). Dr. Sheldon Hendler adalah ahli tentang vitamin dan mineral yang dikenal luas. Ia memegang gelar Ph. D. dalam biokimia dari Universitas Kolumbia dan gelar M.D dari Universitas Kalifornia. Ia mengungkapkanjauh lebih banyak lagi kewaspadaan untuk suplemen vitamin E daripada banyak anjuransuplemen. Dr. Hendler melihat “tidak ada alasan bagi orang dewasa menggunakan lebih dari 400 IU tiap harinya” dan mencatumkan keprihatinan pada beberapa efek sampingan mulai dari dosis sedikitnya 500 IU per hari. Yang mengejutkan, Anda bisa menyebabkan kekurangan vitamin atau mineral dengan makan suplemen dosis tinggi. Bagaimanakah hal demikian itu terjadi?

88suplemen kesehatanBagaimanakah bisa individu cermat yang menggunakan vitamin dan mineral ekstra menempatkan diri mereka pada risiko kekurangan yang lebih besar? Jawabannya terletakpada pemahaman yang benar terhadap interaksiantara vitamin’dan mineral. Ada sejumlah caradi mana vitamin dan mineral disalurkan dandigunakan oleh tubuh. Makan satu macam vitamin atau mineral berlebihan mengakibatkanketidakseimbangan pengambilan dan pemakaian vitamin dan mineral lain. Beberapa dari interaksiini diilustrasikan dalam Gambar 4.21Dalam gambar suatu garis yang menghubungkan vitamin pada mineral mengindikasikan suatu interaksi. Misalnya, vitamin C mempunyaigaris yang menghubungkannya pada zat besi.

Inimengind ikasikan interaksi antar zat-zat ini. Dalaminteraksi spesifik ini, bila Anda makan dosis vitamin C tinggi hari demi hari, tubuh Anda meningkatkan penyerapannya terhadap zat besi, yang bisa menyebabkan masalah lain. Interaksi substansi lain bisa menyebabkan penurunan dalam penyerapan suatu substansi. Banyak orangtidak menyadari interaksi berpotensi membahayakan seperti ini. Pesannya adalah tidak seorangpun mesti menggunakan dosis tinggi suplementanpa pertimbangan yang hati-hati. Terdapat 11 interaksi terpisah yang ditunjukkan dalam gambar ini. Tidak hanya vitamin dan mineral yang berinteraksi, vitamin bisa berinteraksi dengan vitaminlain, dan mineral bisa berinteraksi denganmineral lain seperti diilustrasikan dalam Gambar 5 dan 6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *